Minggu, 29 Januari 2012

faktor pertumbuhan kupu kupu

Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Kupu-Kupu
 •  Pakan Kupu-Kupu, Makanan larva (ulat) pertama kali setelah menetas adalah sisa kerabang telurnya sendiri, selanjutnya larva (ulat) memakan daun, sedangkan kupu-kupu dewasa memakan beberapa cairan untuk menjaga keseimbangan air dan energi tubunya. Pada umumnya kupu-kupu memakan nektar bunga, tetapi beberapa cairan lain didapat dari tanaman atau pohon dan buah-buahan yang telah busuk dan kotoran burung atau hewan lain. Tipe dan jumlah makanan dapat mempengaruhi pertumbuhan, perkembangan, reproduksi, tingkah laku dan sifat-sifat morfologi kupu-kupu. Tumbuhan inang merupakan tempat larva mendapatkan nutrisi penting dan zat-zat kimia yang diperlukan untuk memproduksi warna dan karakteristik kupu-kupu dewasa (Fitzgerald, 1999).
•  Spesies, Telur dan pupa yang berukuran lebih kecil lebih cepat menetas. Sedangkan rentang hidup kupu-kupu bervariasi tergantung pada spesiesnya (Sihombing, 1999).
•  Iklim, Kupu-kupu termasuk hewan berdarah dingin ( poikilothermik ) yaitu suhu tubuhnya dipengaruhi suhu lingkungan (Sihombing, 1999). Kupu-kupu hanya dapat terbang jika suhu tubuhnya di atas 30 o C (Col, 2000). Suhu tubuh kupu-kupu pada saat terbang 5 – 10 o C di atas suhu lingkungan. Sayap kupu-kupu sangat berperan dalam pengaturan suhu tubuh (termoregulasi). Kupu-kupu berjemur untuk menghangatkan tubuhnya dari cuaca dingin, hal ini mengakibatkan warna sayapnya memudar dan menjadi kurang indah. Pada daerah yang lebih panas pupa akan cepat menetas menjadi kupu-kupu. Tingginya laju kematian kupu-kupu dipengaruhi kondisi klimatik yaitu angin yang kencang, musim hujan dan kemarau (Fitzgerald, 1999). Telur kupu-kupu pada musim kering mengalami dormansi (hibernansi) dan akan menetas setelah musim hujan (Dephut, 1996).
•  Jenis Kelamin, Penentuan jenis kelamin dapat dilakukan pada stadium larva, pupa dan kupu-kupu dewasa (Dephut, 1994).

3 komentar:

  1. ass. mba viany ramadhany perkenalkan saya tiara saya sedang melakukan penelitian ttg kupu kupu tapi saya bingung menentukan jenis spesies apa itu. bisakah saya minta bantuan mba untuk mengetahui nama spesiesnya. mungkin mba punya buku referensi dri spesies lycaenidae. trimakasih :)

    BalasHapus
  2. kenapa ga dari nymphalidae aja? dari lycaenida ukuran tubuhnya lebih kecil dari kupu2 famili yang lain, hehe

    BalasHapus
  3. dalam berapa hari telur kupu-kupu bisa menetas....tism

    BalasHapus